Cara mengatasi No Display



Kejadian yang sudah biasa terjadi ketika pada "komputer tidak mau dinyalakan" adalah sebenarnya ada tanda-tanda daya listrik masuk tapi di layar monitor tak ada tampilan apapun atau hanya gelap saja.

Anda dengan jelas melihat lampu indikator menyala, mendengar kipas casing berputar dan suara-suara kehidupan dari cpu Anda, namun anehnya di layar tidak muncul tampilan apapun.


Ada beberapa kemungkinan penyebab hal tersebut terjadi, cobalah mengikuti panduan troubleshooting yang saya uraikan dibawah ini.


Cara Memperbaiki Komputer yang Menyala Namun Tak Tampil Apapun Di Layar:

1. Tes monitor Anda. Sebelum Anda mulai lebih jauh panduan yang lebih rumit dan menghabiskan waktu Anda dengan berbagai komponen PC lainnya, pastikanlah bahwa monitor Anda bekerja dengan baik.

Ini sangat mungkin bahwa ternyata bisa jadi komputer Anda baik-baik saja dan yang bermasalah adalah monitornya.

2. Pastikan bahwa komputer Anda memang telah menyala sepenuhnya. Dengak kata lain, coba cek komputer Anda benar-benar menyala dari keadaan mati sebelumnya. Seringkali komputer akan menampakkan status "tidak menyala" padahal sebenarnya komputer tersebut hanya mengalami problem resume windows dari posisi mode "stanby/sleep" atau mode hibernasi untuk menghemat energi sebagai salah satu fitur windows.

Catatan: Anda bisa mematikan komputer Anda sepenuhnya dari mode "penghematan energi/power saving" dengan menekan tombol power selama 3 atau 5 detik. Setelah power benar-benar mati, nyalakan PC Anda dan tes untuk memastikan PC Anda booting dengan normal.

3. Jika Anda mendengar bunyi beep yang tidak biasa terjadi, cobalah cari penyebab bunyi beep tersebut sesuai buku manual motherboard Anda. kode beep akan memberikan Anda pencerahan apa sebenarnya yang salah dengan hardware Anda.

Namun jika Anda tidak mengalami permasalahan bunyi kode beep, Anda bisa melanjutkan dengan langkah-langkah berikut di bawah ini.

4. Clear CMOS / reset BIOS(Basic Input Output System). Dengan me-reset BIOS di motherboard maka akan mengembalikan setingan default pabrikannya. Sebab setingan BIOS yang salah bisa menjadikan komputer kita tidak menyala sama sekali.

Penting: Jika proses clear CMOS berhasil memecahkan masalah Anda, berarti memang ada kesalahan seting BIOS (misal untuk overclocking).

5. Pastikan seting voltase psu Anda sudah benar. Jika input voltase untuk power supply salah(tergantung voltase yang dipakai negara Anda) maka itulah penyebab komputer Anda bermasalah.

Kemungkinan paling besar jika kita salah mengatur input voltase adalah CPU tak menyala sama sekali, tetapi setingan voltase psu yang salah kadang juga mengakibatkan komputer menyala dengan tidak normal seperti tak menampilkan apapun pada layar monitor.

6. Copot dan pasang kembali semua komponen hardware di CPU Anda, jangan lupa untuk membersihkannya juga. bongkar pasang komponen terkadang seperti sebuah trik magic untuk memperbaiki masalah seperti ini.

Cobalah copot dan pasang kembali beberapa komponen berikut ini, dan lihatlah apakah ada yang terjadi di layar monitor Anda:
·                     Copot dan pasang kembali dengan benar semua kabel data dan kabel power di CPU
·                     Copot dan pasang kembali(jangan lupa dibersihkan) semua Ram memori
·                     Copot dan pasang semua kartu expansi seperti vga card, sound card, pci card.
Catatan: jangan lupa mencopot dan memasang kembali keyboard dan mouse Anda. Ada kemungkinan juga bahwa keyboard dan mouse Andalah penyebab masalah ini.

7. Copot dan pasang kembali processor Anda. Namun dengan perkiraan Anda bahwa mungkin processor kurang terpasang dengan benar.

Catatan: Saya memisahkan langkah ini dari langkah sebelumnya karena processor longgar atau tak terpasang dengan benar kemungkinannya sangat kecil dan memasang processor juga butuh keahlian tersendiri(sangat sensitif). Namun tak masalah jika Anda membongkar pasangnya dengan baik dan berhati-hati.

8. Periksalah kemungkinan adanya korslet di CPU Anda. korslet sering menyebabkan komputer tak bisa hidup sama sekali, tapi terkadang beberapa korslet ringan bisa mencegah komputer booting secara normal dan menyebabkan di layar tak ada tampilan apapaun.

9. Tes power supply Anda. Hanya karena kipas komputer berputar normal dan lampu indikator menyala bukan berarti psu Anda bekerja normal. PSU cenderung menjadi penyebab masalah daripada hardware lainnya dan seringkali membuat PC bengong dan tak tampil apapun di layar.

Segera ganti power supply Anda dengan yang baik jika terbukti tak bisa melewati tes kesehatan Anda.

Penting: Saya ingin menekankan ini dengan sangat jelas - jangan melewatkan memeriksa power suppply Anda dengan berpikir bahwa masalahnya bukan pada PSU karena "kipas dan indikator menyala". Power supply dapat bekerja pada beberapa persen tingkatan dan PSU yang tidak bekerja 100% haruslah segera diganti

Tip: Setelah Anda mengganti power supply, biarkan tercolok listrik selama 5 sampai 10 menit sebelum dinyalakan. Dengan tujuan agar baterai CMOS tercas, karena kemungkinan sudah low kapasitasnya.

10. Nyalakan komputer Anda hanya dengan hardware penting saja. misalnya hanya processor, motherboard dan ram saja.

Penting: Langkah ini saya kira cukup mudah bagi pemula sekalipun, tidak memerlukan peralatan khusus dan bisa memberikan Anda informasi yang berharga. Jangan pernah melewatkan langkah ini setelah mencoba semua langkah-langkah di atas namun komputer tetap bermasalah.

11. Cobalah satu persatu mengganti komponen dengan komponen hardware yang lain, tapi saya kira jarang pengguna yang mempunyai cadangan processor, vga, ram, motherboard, hardisk dst di rumahnya. Maka saran saya lebih baik memilik alat PC Analyzer daripada harus mengkoleksi banyak komponen cadangan.

12. Akhirnya jika semua langkah di atas tidak berhasil, sudah saatnya Anda melangkan kaki Anda ke pusat layanan servis komputer terdekat dan terbaik. Atau konsultasikan dengan dukungan teknis pembuat komputer Anda jika PC Anda built up


Comments

  1. pernah ngalamin hal ini, ternyata karena kabel vganya di gigit tikus, setelah kabelnya diganti sudah normal kembali

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menyimpan dokumen Mail Merge individual dalam bentuk PDF pada Microsoft Word 2021

Cara Memunculkan Editor Visual Basic di Microsoft Word

Cara Mengetahui Tema WordPress