Fungsi for pada PHP



Struktur perulangan (atau dalam bahasa inggris disebut dengan loop) adalah instruksi program yang bertujuan untuk mengulang beberapa baris perintah. Dalam merancang perulangan kode program, kita setidaknya harus mengetahui 3 komponen, yaitu kondisi awal dari perulangan, perintah program yang akan diulang, serta kondisi akhir dimana perulangan akan berhenti.

Penulisan dasar format perulangan for PHP adalah sebagai berikut:



  • Start adalah kondisi pada saat awal perulangan. Biasanya kondisi awal ini digunakan untuk membuat dan memberikan nilai kepada variabel counter yang digunakan untuk mengontrol perulangan. Misalkan, kita akan membuat variabel counter $i, maka untuk kondisi start ini, kita juga harus memberikan nilai awal untuk variabel $i, misalnya dengan 1, maka $i=1.
  • Condition adalah kondisi yang harus dipenuhi agar perulangan dijalankan. Selama kondisi ini terpenuhi, maka PHP akan terus melakukan perulangan. Biasanya variabel counter digunakan untuk mengatur akhir perulangan. Misalkan kita ingin menghentikan perulangan jika variabel $i telah mencapai nilai 20, maka pada bagian condition ini kita membuat perintah $i<=20, yang berarti selama nilai $i kurang atau sama dengan 20, terus lakukan perulangan.
  • Increment adalah bagian yang digunakan untuk memproses variabel counter agar bisa memenuhi kondisi akhir perulangan. Biasanya, pada bagian inilah kita akan membuat kondisi dari variabel counter.
  • Statement adalah bagian kode program yang akan diproses secara terus-menerus selama proses perulangan berlangsung. Untuk statement ini, kita membuat blok program di antara tanda kurung kurawal ({ dan }) sebagai penanda bahwa bagian di dalam kurung kurawal inilah yang akan dikenai proses perulangan.
Berikut adalah contoh for :
 

Dan ini hasilnya :
Tulisan Nomer1
Tulisan Nomer2
Tulisan Nomer3
Tulisan Nomer4
Tulisan Nomer5
Tulisan Nomer6
Tulisan Nomer7
Tulisan Nomer8
Tulisan Nomer9
Tulisan Nomer10


Semoga bermanfaat bagi kita semua
Thank You

Comments

Popular posts from this blog

Menyimpan dokumen Mail Merge individual dalam bentuk PDF pada Microsoft Word 2021

Cara Memunculkan Editor Visual Basic di Microsoft Word

Cara Mengetahui Tema WordPress