Inilah Bahasa Pemrograman dan Profesi TI dengan Gaji Tertinggi

Menurut peringkat firma analis Quartz, Java, Python, Swift, dan C# adalah bahasa pemrograman dengan upah tertinggi dunia. Beberapa profesi yang berkaitan dengan teknologi informasi (TI) memang memiliki gaji rata-rata yang cukup tinggi.
Berdasarkan analisis situs Jobplanet, gaji rata-rata staf di bidang TI di Indonesia adalah Rp4.050.000. Sementara, gaji rata-rata manager di bidang TI adalah Rp8.500.000. Angka tersebut diperoleh dari perhitungan rata-rata gaji bersih yang diterima oleh para karyawan di bidang TI, dan belum termasuk dengan bonus serta tunjangan mereka.

Ini Dia Bahasa Pemrograman dan Prosesi TI dengan Upah Tertinggi

 

1. Java

 

Java adalah bahasa pemrograman paling populer dan dianggap sebagai standar untuk bahasa yang berorientasi objek dalam industri. Dengan motto "Tulis sekali, jalankan di mana saja," Java telah menjadi bahasa yang hampir universal dan dapat berjalan hampir di semua platform. Buat kamu yang mengusai bahasa pemrograman secara dalam dan juga berpengalaman, maka upah yang tinggi sudah menanti kamu.

2. Python



Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python digunakan oleh pemain utama di industri teknologi, seperti Google dan NASA.

3. R



R atau dikenal sebagai GNU S, adalah bahasa pemrograman yang secara luas digunakan di kalangan ahli statistik untuk mengembangkan analisis data dan perangkat lunak statistik. Kelebihan R adalah ekosistem dan grafis yang tak tertandingi serta kemampuan charting.

4. Swift



Swift adalah bahasa pemrograman yang diciptakan Apple dalam mengembangkan aplikasi untuk iOS, Mac, Apple TV, dan Apple Watch. Bahasa ini didesain guna memberikan lebih banyak kebebasan kepada pengembang. Swift mudah digunakan dan bersifat Open Source. Jadi, siapa pun yang memiliki ide, dapat menciptakan sesuatu yang luar biasa
Apple meluncurkan Swift tahun 2014 lalu di ajang WWDC sebagai penerus dari Objective-C. Didesain agar sederhana apa adanya, Swift berfokus pada kecepatan dan keamanan. Pada Desember 2015, Apple menjadi Swift Open Source di bawah lisensi Apache. Sejak diluncurkan, Swift berhasil meraih mata komunitas dan bertumbuh dengan baik serta telah menjadi salah satu bahasa pemrograman 'terpanas' di dunia.

5. C#



C# adalah bahasa baru yang merupakan evolusi dari C dan C++. Dikembangkan oleh Microsoft, C# (dibaca "C-sharp") dikenal karena kesederhanaan dan dirancang untuk membangun berbagai aplikasi perusahaan yang berjalan di Microsoft NET Framework.

6. JavaScript



JavaScript juga merupakan salah satu dari bahasa pemrograman yang paling populer dan kuat di dunia, dan digunakan untuk mendandani halaman web dengan membuat mereka interaktif. Programmer dengan kemampuan JavaScript ini banyak dibutuhkan karena salah satu dari tiga teknologi utama untuk World Wide Web terkait produksi konten.

7. PHP



PHP (Hypertext Pre-Processor) adalah bahasa scripting yang berjalan pada server. Bahas ini dapat digunakan untuk membuat halaman web yang ditulis dalam HTML. PHP cenderung menjadi bahasa populer sebab mudah digunakan oleh programmer baru, tetapi juga menawarkan banyak fitur canggih untuk programmer yang lebih berpengalaman. Dalam beberapa tahun terakhir, PHP telah berkembang sangat besar dalam popularitas

Profesi TI dengan Gaji Rata-Rata Lebih Tinggi Menurut Jobplanet

 Itulah 7 bahasa pemrograman yang diganjar dengan gaji tinggi di dunia. Sekarang kita beralih ke Indonesia, pada level staf, profesi-profesi TI rata-rata digaji paling tinggi adalah pekerja dengan jabatan Project Coordinator yakni dengan gaji rata-rata Rp5.650.000. Diikuti pekerja dengan posisi Staf Software Architecture sebesar Rp5.230.000, UI/UX Developer Rp5.050.000, Staf ERP Rp5.000.000, dan System Engineer Rp4.625.000.

Sementara pada level manajer, profesi-profesi dengan gaji rata-rata tertinggi adalah Project Manager yakni sebesar Rp11.540.000, diikuti oleh ERP Manager Rp11.000.000, Software Architecture Manager Rp9.650.000, IT Quality Assurance manager Rp9.400.000, dan Information System Manager Rp9.050.000.

Kesimpulan

Perkembangan dunia IT di Indonesia memang meningkat pesat, permintaan akan talenta dibidang ini juga terus meningkat. Sayangnya, tidak mudah mencari sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Perusahaan juga memiliki standar pengupahan karyawan yang berbeda-beda, tergantung pada kemampuan perusahaan serta kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki oleh SDM

 

 


 



Comments

Popular posts from this blog

Menyimpan dokumen Mail Merge individual dalam bentuk PDF pada Microsoft Word 2021

Cara Memunculkan Editor Visual Basic di Microsoft Word

Cara Mengetahui Tema WordPress