Method or Function C#


Method           
Method adalah bagian dari tubuh program yang mengimplementasikan suatu action sehinggga class atau object dapat bekerja. Method diimplementasikan didalam class dan menyediakan informasi tambahan yang mana class tidak dapat menangani sendiri.
Penggunaan method mempunyai beberapa keuntungan diantaranya :

  • Mempermudah perawatan dan manajemen kode.
  • Method bisa di panggil dari program utama atau dari sub program yang lain.
  • Method dipanggil berulang kali, sehingga tidak perlu menulis ulang kode yang sama ketika dibutuhkan.

Secara umum method dapat dibagi menjadi dua, yaitu method static dan non static. method static hanya dapat di akses dari class, sedangkan method non static dapat di akses dari instances. Masing-masing method tersebut dapat mempunyai parameter atau tidak. Jika sebuah method mempunyai parameter, maka method tersebut dapat menerima dan/atau memberikan nilai kepada pemanggilnya.

Method adalah sekelompok pernyataan yang bersama-sama melakukan tugas. Setiap program C# memiliki setidaknya satu kelas dengan metode bernama Main.

Untuk menggunakan metode, Anda harus:
  • Mendefinisikan method
  • Memanggil method
Mendefinisikan Method dalam C #
Ketika Anda mendefinisikan sebuah method, Anda pada dasarnya menyatakan unsur-unsur struktur. Sintaks untuk mendefinisikan sebuah method dalam C # adalah sebagai berikut:

Berikut ini adalah berbagai elemen metode:
  • Access Specifier: ini menentukan visibilitas variabel atau method dari kelas lain.
  • Return type: Sebuah method dapat mengembalikan nilai. Jenis kembali adalah tipe data dari nilai method kembali. Jika method ini tidak mengembalikan nilai-nilai apapun, maka jenis kembali batal.
  • Method name: nama method adalah sebuah identifikasi unik dan itu adalah kasus sensitif. Hal ini tidak bisa sama dengan identifier lainnya dinyatakan di kelas.
  • Parameter list: Terlampir antara kurung, parameter yang digunakan untuk lulus dan menerima data dari sebuah method. Daftar parameter mengacu pada jenis, ketertiban, dan jumlah parameter method. Parameter opsional; yaitu, method mungkin tidak mengandung parameter.
  • Method body: ini berisi set instruksi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan aktivitas yang diperlukan.

Contoh
Berikut potongan kode menunjukkan fungsi FindMax yang mengambil dua nilai integer dan mengembalikan lebih besar dari dua. Memiliki akses specifier publik, sehingga dapat diakses dari luar kelas menggunakan sebuah instance dari kelas.

Memanggil Method dalam C #
Anda dapat memanggil method menggunakan nama method. Contoh berikut menggambarkan hal ini:


Ketika kode di atas dikompilasi dan dijalankan, menghasilkan hasil sebagai berikut:

Anda juga dapat memanggil method publik dari kelas lain dengan menggunakan instance dari kelas. Misalnya, method FindMax milik kelas Nomor Manipulator, Anda dapat menyebutnya dari Uji kelas lain.

Ketika kode di atas dikompilasi dan dijalankan, menghasilkan hasil sebagai berikut:

Method Rekursif Panggilan

Sebuah method dapat menyebut dirinya. Ini dikenal sebagai rekursi. Berikut adalah contoh yang menghitung faktorial untuk angka menggunakan fungsi rekursif:

Ketika kode di atas dikompilasi dan dijalankan, menghasilkan hasil sebagai berikut:

Sekian terima kasih
Semoga bermanfaat bagi kita semua

Comments

Popular posts from this blog

Menyimpan dokumen Mail Merge individual dalam bentuk PDF pada Microsoft Word 2021

Cara Memunculkan Editor Visual Basic di Microsoft Word

Cara Mengetahui Tema WordPress